Kuatkan Para Penggali Makam covid-19 dengan bantuan Terbaikmu

Bantu penuhi kebutuhan kesehatan mereka agar tetap kuat melakukan tugasnya di masa pandemi ini dengan sedekah terbaikmu!

Simpan

Kuatkan Para Penggali Makam covid-19 dengan bantuan Terbaikmu

Target

0 0

0%
0 73 hari tersisa

Kuatkan Para Penggali Makam covid-19 dengan bantuan Terbaikmu

Update : 17 Aug, 2021


Kondisi pandemi Covid-19 benar-benar menjadi tantangan bagi Joko. Kerjanya sebagai petugas pemakaman jenazah di TPU Sei Temiang Batam berubah ekstra. Itu setelah membludaknya pasien meninggal dunia akibat covid-19. Joko bersama sejumlah rekannya bertugas menyiapkan lubang untuk pasien meninggal dunia akibat covid-19. Untuk selanjutnya dimakamkan, tentunya dengan protokol kesehatan ketat. Itu terjadi pada bulan Juli 2021 ini. Belasan lubang diakui Joko bisa ia siapkan dalam satu hari. Namun pernah ia harus meminta bantuan alat berat untuk menyiapkan lubang makam.

c2257dc4a4fd8a33d774fc8ee2fd1976.png

"Rata-rata 18 lubang setiap hari," ucap koordinator lapangan petugas TPU Sei Temiang. Risiko jika sewaktu-waktu terpapar covid-19, bukan tak dipikirkan Joko bersama rekannya. Namun rasa khawatir itu langsung ia kesampingkan demi pekerjaannya itu.

Ia pun mengantisipasi terpapar virus corona dengan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Menurutnya, jenazah yang akan dimakamkan juga telah menjalani tahapan protokol kesehatan.

17f2001cc07d4c6050fa2fd04fe0d3d2.png

Risiko yang dihadapi petugas pemakaman tentunya begitu besar. Selain kelelahan, mereka juga sering berhadapan dengan keluarga yang ikut mengantar ke pemakaman tanpa mematuhi protokol kesehatan.

Jujur, mereka takut ada keluarga yang tanpa sadar membawa virus dan rentan menularkannya kepada mereka.

Apalagi mereka dalam kondisi lelah, sehingga lebih rentan tertular. Kalau sampai tertular, anak istri di rumah juga ikut susah. Selain itu, muncul rasa frustasi dalam diri mereka melihat keluarga pengantar jenazah menangis setiap hari. Kematian terasa begitu dekat.

e0e3f2e6d6b62d1b8922f90ee0b9d059.png

Bahkan proses penggalian lubang kubur ini tidak hanya dilakukan siang hari saja.
Jika masih ada korban yang akan dimakamkan, walaupun itu sudah malam hari, maka petugas mau tak mau harus tetap menggali.
.
"Di sini ada delapan orang, kalau lubang gak cukup sementara masih ada yang dimakamkan, tetap harus digali," Ungkap nya.
Di Blok R TPU Sei Temiang Batam menjadi kuburan khusus untuk jenazah Covid-19. Blok R berdiri di atas lahan sekitar 1 hektare itu kondisinya sudah hampir penuh dan padat. Liang kubur berjejer rapi lengkap dengan batu nisan masih tampak dengan kondisi tanah yang masih memerah.

Namun, mereka tak putus asa. Mereka tetap menjalankan tugasnya untuk mengantarkan jenazah pasien COVID-19 ke tempat peristirahatan terakhir. Bagi mereka, itulah sedikit pengabdian yang bisa mereka berikan di masa pandemi ini.

Oleh karena itu, mereka berharap mendapat bantuan sembako, suplemen dan vitamin untuk menunjang kesehatan mereka. Mereka harus punya stamina yang cukup untuk melakukan tugasnya.

Sahabat Dermawan, kondisi saat ini sedang tidak baik-baik saja. Mari kita bahu-membahu menguatkan petugas pemakaman tidak hanya di TPU Temiang,Kota Batam, tetapi juga di berbagai tempat pemakaman lainnya.

Bantu penuhi kebutuhan makanan, suplemen dan vitamin, serta penunjang kesehatan mereka agar tetap kuat melakukan tugasnya di masa pandemi ini dengan sedekah terbaikmu!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang